Hidup Berbisnis

Bisnis bisa dikatakan sebagai kegiatan entrepeunership. Hal itu dikarenakan hidup berbisnis adalah suatu hidup mengolah atau memutar uang dalam bentuk barang atau jasa, bisa digambarkan sebagai kegiatan wirausaha. Di dalam diri manusia, belajar hidup berbisnis sangat diperlukan suatu kreatifitas dan bisa memamfaatkan dan melihat peluang sekecil mungkin, apa yang sekarang ini menjadi daya tarik masyarakat dan disenangi oleh pasar.

Menurut pandangan diri saya, hidup berbisnis merupakan suatu landasan penting untuk memproleh kesuksesan didalam hidup. Coba bandingkan saja apabila kita berkerja dibawah institusi orang lain (contoh di bank, atau menjadi staff pemerintah)., pasti hasil yang didapat hanya segitu-segitu saja, lain hal apabila kita menjadi bussinesman, dalam setiap tahun usaha yang kita kelola pasti memiliki target dan target-target itu pasti akan meningkat, tidak mungkin menurun, bisa dikatakan keuntungan usaha kita akan mengalami progress dari tahun ke tahun. Memang dalam menjadi bussinesman yang menjadi kendala utamanya adalah modal dan berani rugi, karena tidak semua orang dalam mejalani bisnis selalu sukses, pasti ada saja kendalanya.

Bagi saya seorang mahasiswa, sebenarnya belajar menjadi bussinesman sudah bisa ditanamkan, coba saja liat disekitar, banyak anak mahasiswa bahkan anak sekolah yang menyalurkan kratifitasnya dengan usaha bisnis clothing atau distro kecil-kecilan, walaupun tidak semuanya mereka produksi sendiri hanya ide gambar dan  model baju yang mereka tentukan sendiri dengan jenis model apa yang bisa diterima oleh pasar anak muda jaman sekarang. Dan cara mempromosikannya pun tidak susah hanya lewat internet saja seperti lewat facebook atau kaskus yang biasanya hanya dicatumkan gambar/ model barangnya, harga dan nomor telepon atau alamat email yang bisa dihubungi. Semua tranksaksi yang dilakukan biasanya via transfer, dan pengirimannya lewat TIKI atau JNE, hal itu dilakukan agar penjual tidak repot untuk mengursi pembeli dan dapat melayaninya dengan sepraktis mungkin.

Setiap bisnis dimulai, biasanya orang selalu beranggapan apakah bisnis ini dapat balik modal dengan cepat??, Bisanya prinsip inilah yang membuat orang gagal dalam berbisnis, hal itu dikarenakan hidup berbisnis adalah hidup dalam tantangan apakah kita akan untung??, ataukah kita malah rugi??. Di dalam bisnis sebenarnya adalah suatu ajang coba-coba dimana kita harus memikirkan secara matang-matang dan tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan, jadi sebaikanya dalam memulai usaha bisnis jangan keuntungan dulu yang diutamakan, sebaiknya yang diutamakan ialah cara kerja bisnis itu dan kepuasan target pasar. Walaupun awalnya agak rugi, tetapi dapat membuat nama brand produk atau jasa kita dapat diterima oleh masyarakat karena kualitasnya.

Mungkin ini pandangan saya mengenai bisnis. Terima kasih

Created by A  Paka

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s