HOME INDUSTRI

Pengertian “Home Industry”

Home berarti rumah, tempat tinggal, ataupun kampung halaman. Sedang Industry, dapat diartikan sebagai kerajinan, usaha produk barang dan ataupun perusahaan. Singkatnya, Home Industry (atau biasanya ditulis/dieja dengan “Home Industri“) adalah rumah usaha produk barang atau juga perusahaan kecil. Dikatakan sebagai perusahaan kecil karena jenis kegiatan ekonomi ini dipusatkan di rumah. Pengertian usaha kecil secara jelas tercantum dalam UU No. 9 Tahun 1995, yang menyebutkan bahwa usaha kecil adalah usaha dengan kekayaan bersih paling banyak Rp200 juta (tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha) dengan hasil penjualan tahunan paling banyak Rp1.000.000.000.

Kriteria lainnya dalam UU No 9 Tahun 1995 adalah: milik WNI, berdiri sendiri, berafiliasi langsung atau tidak langsung dengan usaha menengah atau besar dan berbentuk badan usaha perorangan, baik berbadan hukum maupun tidak. Home Industri juga dapat berarti industri rumah tangga, karena termasuk dalam kategori usaha kecil yang dikelola keluarga.

Seperti contoh saya akan membahas HOME INDUSTRI tentang “Bisnis Keripik Pisang”. Keripik adalah suatu makanan ringan atau cemilan, dan Ketersediaan pisang di berbagai daerah di Indonesia membuka peluang usaha yang cukup besar bagi masyarakat Indonesia. Pisang mudah tumbuh dengan subur di sebagian besar wilayah. Berbagai jenis pisang tumbuh dan menjadi tanaman yang cukup mudah di temui. Namun sayangnya pisang belum di anggap sebagai sumber usaha yang baik. Masyarakat Indonesia masih menganggap pisang hanya sebagai buah saja, tidak memberikan nilai tambah yang lebih tinggi.

Olahan pisang masih sebatas, olahan yang tradisional, dan di gunakan untuk pemenuhan kebutuhan sendiri. Salah satu olahan yang dapat meninggkatkan nilai tambah dan nilai jualnya yaitu keripik pisang, produk ini masih sangat potensial untuk di kembangkan, mengingat besarnya peluang pasar yang dapat di tuju dan munculnya diversivikasi produk keripik. Hal ini membuka peluang yang lebih luas bagi pengembangan usaha insustri pengolahan keripik pisang di Indonesia.

Guna memulai usaha pengolahan keripik pisang memerlukan beberapa persiapan yaitu :

  1. Pengumpulan informasi mengenai usaha pengolahan keripik usaha.
  2. Keperluan sarana penunjang produksi
  3. Proses pengolahan
  4. Kemasan dan penyimpanan
  5. Strategi pemasaran (bisa via internet dipasarkan contoh jejaring social)
  6. dan analisa kelayakan usaha.

Usaha pengolahan keripik pisang tidak memerlukan teknologi tinggi dan modern. Oleh karena itu, industri ini dapat diterapkan pasa indsutri kecil, industri rumah tangga ataupun industri menengah. Pendirian usaha pengolahan keripik pisang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan menambah nilai tambah buah pisang.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s