BAB 9 PELAPORAN KEUANGAN DAN PERUBAHAN HARGA

BADAN STANDAR AKUNTANSI INTERNASIONAL

IASB telah menyimpulkan bahwa laporan hasil posisi keuangan dan kinerja operasi dalam mata uang lokal menjadi tidak berarti lagi dalam suatu lingkungan yang mengalami hiperinflasi. IAS 29, ”Pelaporan Keuangan dalam Perekonomian Hiperinflasi” mewajibkan (dan bukan hanya merekomendasikan) penyajian ulang informasi laporan keuangan utama. Secara khusus, laporan keuangan suatu perusahaan yang melakukan pelaporan dalam mata uang perekonomian hiperinflasi, apakah didasarkan pada kerangka penilaian biaya historis atau biaya kini,harus disajikan ulang sesuai dengan daya beli konstan pada tanggal neraca. Aturan ini juga berlaku untuk angka-angka terkait pada periode sebelumnya. Keuntungan atau kerugian daya beli yang terkait dengan posisi kewajiban atau aktiva moneter bersih dimasukan ke dalam laba kini. Perusahaan yang melakukan pelaporan juga harus mengungkapkan:

1.    Fakta bahwa penyajian ulang untuk perubahan dalam daya beli unit pengukuran telah            dilakukan.

2.    Kerangka dasar penilaian aktiva yang digunakan dalam laporan keuangan utama (yaitu          penilaian biaya historis atau biaya kini).

3.    Identitas dan tingkat indeks harga pada tanggal neraca,beserta dengan perubahannya selama periode pelaporan.

4.    Keuntungan atau kerugian moneter bersih selama periode tersebut.

 

 

ISU-ISU MENGENAI INFLASI

Terdapat empat isu akuntansi inflasi yang cukup mengganggu. Keempat isu itu adalah:

(1) apakah dolar konstan atau biaya kini yang lebih baik mengukur pengaruh inflasi

(2) perlakuan akuntansi terhadap keuntungan dan kerugian inflasi

(3) akuntasi inflasi luar negeri, dan

(4)menghindari fenomena kejatuhan ganda.

Keuntungan dan Kerugian Inflasi

Perlakuan keuntungan dan kerugian pos-pos moneter (yaitu kas,piutang,dan utang) tergolong kontroversial. Keuntungan dan kerugian pos-pos moneter di Amerika Serikat ditentukan dengan menyajikan ulang dalam dolar konstan,saldo awal dan akhir,serta transakasi dalam,seluruh aktiva dan kewajiban moneter (termasuk utang jangka panjang). Angka yang dihasilkan diungkapkan sebagai pos terpisah. Perlakuan ini memandang keuntungan dan kerugian pos-pos moneter sebagai hal yang berbeda dari jenis pendapatan yang lain.

Di Inggris , keuntungan dan kerugian pos-pos moneter dipisahkan menjadi modal kerja moneter dan mekanisme penyesuaian. Kedua angka tersebut ditentukan melalui perubahan harga khusus (dan bukan umum). Mekanisme penyesuaian mengindikasikan manfaat (atau biaya) kepada para pemegang saham yang berasal dari pembiayaan utama selama suatu periode perubahan harga. Angka-angka ini ditambahkan atas (dikurangi dari) laba operasi biaya kini untuk menghasilkan ukuran kemakmuran yang dapat dihapuskan, yang disebut sebagai “Laba Biaya Kini Teratribusi Kepada Pemegang Saham”

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a comment